Posbindu untuk Deteksi Dini

Posbindu untuk Deteksi Dini

Grendeng-Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dikhususkan untuk Penyakit Tidak Menular (PTM). Kegiatan Posbindu merupakan kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan, dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan. Posbindu juga sebagai kegiatan UKBM Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM). Bertempat di Balai Kelurahan Grendeng  tanggal, 10 dan 11 Agustus 2022 telah dilaksanakan Posbindu Skrining

 

“Sasaran dari Posbindu ini adalah Linmas dan PKL Kelurahan Grendeng. Selain bertujuan untuk mengetahui penyakit tidak menular (PTM), juga dibuka  konsultasi kesehatan”, kata salah satu kader Posbindu yang tidak mau disebutkan Namanya.

 

“Terimakasih kepada seluruh tim dari Posbindu Kelurahan Grendeng yang telah menyempatkan waktunya untuk memfasilitasi kegiatan ini, dalam rangka deteksi awal Penyakit Tidak Menular’, kata Lurah Grendeng Muhammad, SH. Muhammad menambahkan bahwa  tujuan dari Posbindu ini adalah untuk meningkatkan Kesehatan dan kesejahteraan hidup dengan mengetahui penyakit tidak menular secara dini. Muhammad juga berharap kegiatan ini untuk dapat diadakan sebulan sekali.(Riyanto)

 

 

Kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan posbindu di masyarakat ini antara lain pemeriksaan fisik mulai dari urin, darah, berat badan, tinggi badan. Jika ada keluhan maka bisa dirujuk ke Puskesmas.

Related Posts

Komentar