Upacara Pembaretan Linmas untuk Peningkatan Pelayanan Keamanan

Upacara Pembaretan Linmas untuk Peningkatan Pelayanan Keamanan

Grendeng-Sebanyak 32 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kelurahan Grendeng Kecamatan Purwokerto Utara mengikuti Upacara Pembaretan dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Pertahanan dan Keamanan bagi Anggota Linmas Kelurahan Grendeng, Minggu  pukul 08.00 WIB tanggal 18 September 2022. Meski cuaca pada siang hari cukup terik, upacara pembaretan yang dipimpin langsung oleh Kepada Kelurahan Grendeng tersebut berlangsung khidmad dan sakral.

 

Sebelum pelaksanaan pada tanggal 17 september 2022 pukul 19.30 WIB tempat di aula Kelurahan Grendeng dibuka oleh Lurah Grendeng, hadir pada saat pembukaan yaitu Kasi Trantib kecamatan, Babinsa, Babinkamtibmas, Kasi Trantib kelurahan dan kepala Puskesmas Purwokerto Utara.

 

Kegiatan pertama, sebelum dimulai pengecekan kesehatan pada anggota Linmas dan ada lima anggota yang tekanan darah atau tensi tinggi akan tetapi tetap melaksanakan prosesi kegiatan pada malam hari.

 

Kegiatan kedua, pada pukul 22.00 WIB dilaksanakan kegiatan PBB di halaman Kelurahan Grendeng  s.d  pukul 23.00 WIB.

 

Kegiatan ketiga, mulai pukul 23.30 WIB menuju Pos pertama yaitu di Tempat Pemakaman Lakarsari RW 1 dengan narasumber Babinsa memberikan tugas bagaimana cara menangani orang yang sedang mabok dan ujian mental dengan memasuki wilayah kuburan satu persatu. Pos kedua di Tempat Pemakaman RW 3 dengan narasumber Babinkamtibmas memberikan tugas untuk mendata pos kampling di kelurahan yang aktif dan yang tidak. Lanjut ke Pos ketiga di Lapangan Basket RW 7 narasumber Kasi Trantib dengan memberikan pengetahuan tentang fungsi Linmas dan cara penanganan pencegahan bencana secara dini.

Setelah dari Pos kesatu s.d. ketiga dilanjutkan ke penguji Pos keempat dengan narsum Babinsa, Babinkamtias,  dan Kasi Trantib. Kegiatan  selesai sampai dengan pukul 03.00 WIB. Pukul 04.30 setelah istirahat dilanjutkan sholat shubuh dan pukul 05.30 WIB senam pagi bersama.

 

Pak lurah mengatakan bahwa kegiatan semacam ini baru pernah dilaksanakan di Kelurahan Grendeng. Pak Lurah menghimbau kepada anggota Linmas untuk selalu bersinergi dalam kegiatan ini, dan berpesan untuk selalu semangat dalam menjaga kondisi dalam kegiatan ini. (Riyanto).

Related Posts

Komentar